Romantisme Kantor Pos Tertinggi di Dunia

Kantor Pos Hikkim menambah ketertarikannya ketika terletak dilokasi yang hampir menyamai Puncak Jaya Wijaya, Papua yakni berada diketinggian 4.440 mdpl.

Romantisme Kantor Pos Tertinggi di Dunia
Desa Hikkim, Himacahal Pradesh, India. Sumber: Sandipan Dutta – BBC NEWS

Hai sobat traveler! Jika kamu pernah mendengar kalimat ‘jauh dimata namun dekat dihati’ rasa-rasanya tempat yang satu ini amat mewakilkan kalimat romantis itu.  Kantor Pos Hikkim namanya, bukan sekadar jadi koneksi dengan berbagai tempat, melainkan jadi penghubung dengan orang yang tersayang. Menariknya, tempat ini seakan-akan jadi wisata para turis yang turut meramaikan kirim pesan. Kantor Pos Hikkim menambah ketertarikannya ketika terletak dilokasi yang hampir menyamai Puncak Jaya Wijaya, Papua yakni berada diketinggian 4.440 mdpl.

Terletak di desa Hikkim, Lembah Spiti, India Utara─wilayah ini terkenal dengan pegununggan tandus, lintasan berbahaya dan gurun yang dingin. Tak seperti dikota besar, daerah ini hanya dihuni oleh sedikit keluarga saja. Tidak ada akses telepon dan internet, kantor pos ini menjadi satu-satunya penghubung desa Hikkim dan sekitar dengan dunia luar.

Kantor pos Hikkim. Sumber: Sandipan Dutta – BBC NEWS

Kantor pos Hikkim. Sumber: Sandipan Dutta – BBC NEWS

Rinchen Chhering, Kepala Kantor Pos Hikkim, telah mengelola tempat ini sejak tahun 1983. Dilansir dari BBC NEWS, ia mengatakan bahwa pekerjaan ini sulit, sebab hanya sebagian jalan saja yang dapat dilewati kendaraan sehingga harus berjalan kaki. Belum lagi kondisi cuaca yang seringkali membuat kantor pos tutup.

Rute yang dilewati para petugas pos cukup jauh. Mereka harus berjalan kaki sejauh 46 kilometer dari desa Hikkim. Melewati pegunungan tinggi dan padang rumput menjadi makanan sehari-hari mereka sebelum surat sampai di Kaza, ibu kota Lembah Spiti─yang terhubung dengan jalan ke beberapa kota besar lainnya di negara bagian Himacahal Pradesh.

Jalan terjal di Desa Hikkim, Himacahal Pradesh, India. Sumber: Sandipan Dutta – BBC NEWS

Jalan terjal di Desa Hikkim, Himacahal Pradesh, India. Sumber: Sandipan Dutta – BBC NEWS

Tantangan tak henti sampai situ, bus yang membawa surat harus melewati jalanan gunung yang berbahaya. Ketika ada balasan surat, petugas kantor pos Hikkim harus kembali berjalan kaki untuk sampai di desanya.

Dibalik perjuangan yang keras, ada sisi romantisme yang tergambar dari kantor pos tertinggi di dunia ini. Disetiap langkah perjalanan yang dilalui para petugas pos dibayar tuntas dengan pemandangan memukau dari puncak yang tertutup salju. Ditambah langit sore nuansa biru dan pink keunguan yang menjadi obat lelah mereka. Perjalanan ini tentu tak bisa ditandingi oleh rute kantor pos mana pun bukan?

Pemandangan puncak dan langit di Desa Hikkim, Himacahal Pradesh, India. Sumber: Sandipan Dutta – BBC NEWS

Pemandangan puncak dan langit di Desa Hikkim, Himacahal Pradesh, India. Sumber: Sandipan Dutta – BBC NEWS

Ketika mendapatkan surat berstempel pos Hikkim, kita turut membayangkan betapa banyak waktu dan tenaga dari berbagai pihak agar surat itu sampai ditangan sang penerima. Bersama surat yang tergenggam ditangan para petugas pos menjadi saksi perjalanan yang begitu romantis, terkadang tragis─bagi mereka yang saling menunggu dengan rasa harap-harap cemas sekaligus menggebu-gebu. Membaca dan mengirim pesan membuat hati lebih gembira saat membayangkan kisah roman tersebut, dibanding via WhatsApp yang tak perlu merelakan banyak waktu dan tenaga.

Kisah sederhana namun romantis ini membuat para turis ikut-ikutan. Banyak yang memanfaat kantor pos ini sebagai bentuk kasih sayang terhadap pasangan. Selain penasaran dengan rasa saling menunggu, mengirim surat jadi ‘cendramata’ saat mengunjungi tempat ini.

Wah, menarik sekali bukan? Sebuah tempat tanpa jaringan apapun dan jalanan yang banyak tantangannya ternyata tak membuat tempat ini menjadi tempat terburuk. Pemandangan berserta kisah-kisah indah didalamnya, justru membuat tempat ‘terpencil’ ini menjadi menarik. Kantor Pos Hikkim berhasil dijadikan simbol romantisme, bahwa perasaan cinta tak akan berubah meski terhalang waktu dan jarak. Nah, kalau kamu, bagaimana caranya melewati rindu dengan pasangan? Tak kalah romantis, mengirim surat juga bisa jadi pilihan untuk memberi kejutan terhadap orang yang disayang loh!

Redaktur : Prita K. Pribadi